INTERNASIONAL

Kini, Anda Tidak Perlu Lagi Menghafal Password

"KBR68H - Password yang aman biasanya rumit dan sulit diingat. Sedangkan password yang kombinasi karakternya terlalu mudah akan mudah dibobol."

Kini, Anda Tidak Perlu Lagi Menghafal Password
password, tidak perlu dihafal, asam lambung, rekening bank

KBR68H - Password yang aman biasanya rumit dan sulit diingat. Sedangkan password yang kombinasi karakternya terlalu mudah akan mudah dibobol. Paul Rubens menganggap dilema tersebut tidak lagi menjadi masalah dengan adanya teknologi pendukung, seperti kapsul elektronik yang dapat dimakan.

Masa-masa di mana semua orang harus menghafal kata sandi di kepala sepertinya akan segera berakhir. Beberapa tahun ke depan, Anda mungkin dapat login ke rekening bank online Anda menggunakan tato elektronik di lengan, atau pil yang sekali telan dapat menyiarkan password melalui dinding perut Anda.

Prototype dari produk pengingat password ini sudah ada. Tato ini elastis, memiliki komponen sensor yang akan menempel pada kulit. Cara kerjanya, sandi ditransmisi melalui udara ke sensor yang ada ketika pengguna mengangkat telepon atau berada di depan komputer. Perangkat kecil ini sedang dirancang untuk mengeluarkan datanya segera setelah asam lambung yang dijadikan medium pengantar keluar dari kerongkongan.

Motivasi untuk mengembangkan teknologi unik ini berasal dari masalah yang sudah ada, yakni layanan online bergantung pada password untuk keamanannya, tapi password pun tidak benar-benar ampuh 100%. (BBC)

Editor: Doddy Rosadi

  • password
  • tidak perlu dihafal
  • asam lambung
  • rekening bank

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!