INTERNASIONAL

Inilah Lima Kunci Kepemimpinan yang Efektif

"KBR68H - Lupakan streotip bahwa sosok seorang pemimpin harus gagah, kuat atau bentuk fisik lainnya."

Inilah Lima Kunci Kepemimpinan yang Efektif
lima kunci, kepemimpinan efektif, tantagan, kepercayaan

KBR68H - Lupakan streotip bahwa sosok seorang pemimpin harus gagah, kuat atau bentuk fisik lainnya. Kini, menjadi seorang pemimpin bisa datang dari berbagai kalangan dan tak pandang umur.  Pemimpin bisa saja memakai celana jeans dan pelajar dari jurusan marketing yang menjalankan bisnis e-commerce. Pemimpin juga mungkin memakai sandal jepit ke kantornya dan memimpin puluhan sampai ratusan karyawan.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa apa yang terpenting adalah para pemimpin yang mampu menciptakan antusiasme, memberdayakan banyak orang, menanamkan keyakinan ke kalangan luas dan menjadi inspirasi untuk orang sekitar,”kata Peter Handal, CEO Dale Carnegie Training, sebuah perusahaan pelatihan kepemimpinan di New York.

Namun, hal tersebut berbeda dengan gaya kepemiminan saat ini. Berikut, lima kunci kepemimpinan yang efektif dari Peter Handal:

1.Menghadapi tantangan

Para pemimpin besar cukup berani untuk menghadapi situasi yang menantang dan berani untuk jujur.  Apakah itu bisa dari implementasi bisnis atau “menyulap”  karyawan bekerja lebih efektif. Pemimpin yang baik menghadapi tantangan  secara terbuka. Komunikasi yang intens dengan staf Anda, menginformasikan staff tentang berita baik dan yang buruk. Tantanglah staff Anda untuk menghadapi tantangan perusahaan, hal tersebut membuat staff Anda menjadi percaya diri dan merasa dipercayai oleh atasan (pimpinan).

2.Menangkan kepercayaan

Karyawan lebih setia dan antusias ketika mereka bekerja di lingkungan yang dijalankan oleh orang-orang yang mereka percaya. Membangun kepercayaan yang bisa dilakukan dengan banyak cara. Menurut Handal, menampilkan karyawan bahwa Anda peduli tentang mereka dan menaruh minat pada karyawan Anda di luar tempat kerja. Biarkan karyawan Anda tahu bahwa Anda tertarik dalam keberhasilan mereka dan mendiskusikan jalur karir dengan mereka secara teratur.

Saat  karyawan, vendor atau orang lain melakukan kesalahan, berusaha untuk tidak menegur atau memperbaikinya dalam kemarahan. Sebaliknya, dengan tenang menjelaskan situasi dan mengapa perilaku atau tindakan mereka tidak benar, serta apa yang Anda harapkan di masa depan. Menurut Handal, ketika orang tahu bahwa Anda tidak akan mencaci-maki mereka dan bahwa Anda memiliki kepentingan terbaik mereka di hati, mereka akan lebih  mempercayai Anda.

3.Be authentic

Jika Anda tidak setelan demikian, jangan mencoba untuk menjadikan setelan tersebut sebagai ciri khas Anda. Lama kelamaan, karyawan atau staff lain yang telah mengetahui karakter Anda akan “membongkar” ciri khas Anda yang sebenarnya. “So, be authentic”, kata Handal.

4.Raih rasa hormat

Ketika Anda melakukan sendiri dengan cara yang etis dan role model sifat yang ingin Anda lihat pada orang lain. Pemimpin harus menjalankan segala sesuatunya dengan apayang diucapkan atau ditunjukkan kepada orang lain.

5.Selalu penasaran

Pemimpin yang baik tetap penasaran dan berkomitmen untuk terus belajar. Sosok pemimpin harus selalu memiliki rasa ingin tahu dan selalu mencari ide-ide baru, wawasan dan informasi. Handal mengatakan pemimpin terbaik memahami bahwa pendekatan inovasi baru bisa datang dari mana saja. "Para pemimpin yang paling sukses yang saya kenal benar-benar orang yang sangat penasaran. Mereka tertarik pada hal-hal di sekitar mereka dan yang memberikan kontribusi untuk visi mereka," kata Handal. (Enterpreneur.com)

Editor: Doddy Rosadi

  • lima kunci
  • kepemimpinan efektif
  • tantagan
  • kepercayaan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!