INTERNASIONAL

Ingin Kurangi Berat Badan, Jangan Lupa Sarapan

"KBR68H - Anda ingin menurunkan berat badan dan menghilangkan kalori? Melewatkan sarapan merupakan ide buruk. Ternyata, sarapan yang sehat dan berat badan ideal berkaitan erat."

Feriani Untari

Ingin Kurangi Berat Badan, Jangan Lupa Sarapan
berat badan, sarapan, nyemil

KBR68H - Anda ingin menurunkan berat badan dan menghilangkan kalori? Melewatkan sarapan merupakan ide buruk. Ternyata, sarapan yang sehat dan berat badan ideal berkaitan erat. The National Weight Control Registry telah meneliti makanan dan kebiasaan gaya hidup sekitar 3.000 orang, yang semuanya telah mempertahankan (atau lebih) berat badan 30 pounds selama setidaknya satu tahun (beberapa telah berpartisipasi selama enam tahun).

Para peneliti melacak studi ini menemukan bahwa 78% melakukan makan sarapan setiap hari, dan hampir 90 persen melakukan sarapan setidaknya lima hari seminggu. Tetapi, mengapa sarapan membantu menurunkan berat badan?

Mengurangi Rasa Lapar

Sarapan sangat efektif mengurangi kelaparan di sepanjang hari. Dengan makan sarapan, Anda memiliki bahan bakar sehat yang mengurangi rasa lapar Anda. Hal ini tentu dapat membantu mencegah makan berlebihan dan nyemil.

Melewatkan sarapan meningkatkan respon insulin

Tapi itu bukan hanya tentang mengurangi godaan. Ada juga respon fisiologis yang terjadi ketika Anda melewatkan sarapan. Ketika anda tidak mengkonsumsi makanan dalam waktu yang lama, dan tiba-tiba anda ingin makan, dapat meningkatkan respon insulin tubuh Anda. Hal ini mengakibatkan peningkatan penyimpanan lemak dan berat badan. Jadi, sarapan dapat mengurangi resiko obesitas.

Pilihan yang Sehat

Makan pagi yang tepat dapat menjadi cara yang bagus untuk membuat pilihan makanan yang sehat sepanjang hari. Ketika Anda makan sarapan biji-bijian, protein sehat dan buah-buahan, maka Anda cenderung makan diet sehat secara keseluruhan, yang lebih bergizi dan rendah lemak. Bila Anda melewatkan sarapan, Anda lebih mungkin untuk melewati buah-buahan dan sayuran sepanjang hari.

Lebih banyak energi

Makan sarapan juga memberi Anda energi, serta meningkatkan kemampuan dan keinginan untuk melakukan aktivitas fisik di siang hari. Sarapan yang sehat 'mengisi ulang' tubuh Anda serta glikogen yang memasok otot Anda dengan energi langsung, yang menjadi bahan bakar untuk anda beraktivitas. Sebaliknya, melewatkan sarapan berhubungan dengan aktivitas fisik yang menurun.

Begitu banyak manfaat dari sarapan. Tetapi, makanan yang dikonsumsi juga harus seimbang. Sarapan yang seimbang terdiri dari tiga kelompok utama makanan: protein dan atau lemak sehat, buah atau sayuran, dan biji-bijian. Banyak makanan praktis seperti sereal sarapan yang menawarkan pilihan sehat, namun pastikan untuk memilih daftar bahan yang lebih rendah lemak, sodium dan gula. (Shine.Yahoo)

Editor: Doddy Rosadi

  • berat badan
  • sarapan
  • nyemil

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!