INTERNASIONAL

HUT Ke-95 Nelson Mandela Dirayakan Kongres AS

"KBR68H, Washington - Anggota Kongres Amerika memeriahkan ulangtahun ke-95 Nelson Mandela dengan merayakan kehidupan dan warisan tokoh anti-apartheid Afrika Selatan itu."

Nurviana Mubtadi

HUT Ke-95 Nelson Mandela Dirayakan Kongres AS
hut ke-95, nelson mandela, dirayakan

KBR68H, Washington - Anggota Kongres Amerika memeriahkan ulangtahun ke-95 Nelson Mandela dengan merayakan kehidupan dan warisan tokoh anti-apartheid Afrika Selatan itu.

Serombongan penyanyi dan penabuh gendang tradisional Afrika Selatan, berbusana warna warni, menari-nari sambil memasuki Ruang Emansipasi, Gedung Kongres atau Capitol Hill.

Dihadiri tokoh-tokoh hak-hak sipil, anggota Kongres Amerika bergantian membaca kutipan tulisan-tulisan Mandela, pada masa-masa kehidupannya sebagai tahanan, pejuang kemerdekaan, pemenang hadiah Nobel Perdamaian dan presiden Afrika Selatan.

Ketua DPR Amerika John Boehner menyebut Mandela, "negarawan luar biasa.'' Pemimpin mayoritas Senat Harry Reid menggambarkan Mandela sebagai "George Washington Afrika Selatan."

Duta besar Afrika Selatan untuk Amerika Ebrahim Rasool mengatakan tidak diragukan, Nelson Mandela akan meninggalkan warisan abadi karena ia membela orang yang tertindas di seluruh dunia.

Mandela dirawat di rumahsakit Pretoria sejak awal Juni untuk pengobatan infeksi paru-paru. Anggota keluarga dan dokter hari Kamis mengatakan mereka berbesar hati karena membaiknya kondisi kesehatan Mandela. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • hut ke-95
  • nelson mandela
  • dirayakan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!