INTERNASIONAL

Enam Cara Menjaga Jantung tetap Sehat

"KBR68H - Mengurangi resiko anda untuk terkena penyakit jantung tidak memerlukan perubahan gaya hidup anda secara total."

Johan Prasetyo

Enam Cara Menjaga Jantung tetap Sehat
jantung sehat, enam cara, istirahat, makan coklat

KBR68H - Mengurangi resiko anda untuk terkena penyakit jantung tidak memerlukan perubahan gaya hidup anda secara total. Cara mudah seperti tidur lebih cepat dan sarapan dapat membuat jantung anda tetap sehat.

“Ada banyak perubahan kecil yang dapat anda lakukan dalam keseharian anda yang memiliki dampak besar untuk jantung anda,” kata Dr. Richard Becker, professor pengobatan di University Medical Center dan pembicara untuk American Heart Association.
Ini adalah enam cara mudah untuk mejaga jantung anda:

Sarapan


Anda tidak akan bisa mobil anda berfugsi tanpa bahan bakar, maka kenapa anda melakukannya terhadap tubuh anda?
Memulai hari dengan makanan yang sehat tidak hanya memberi energi untuk anda bekerja atau bermain, itu juga dapat menurunkan resiko anda terkena penyakit jantung. Sebuah studi yang telah berjalan selama 16 tahun menemukan dari 26.000 pria Amerika yang tidak sarapan, memiliki resiko terkena jantung koroner 27 persen lebih tinggi. Dengan melihat faktor lain seperti berat tubuh, tekanan darah, dan kolesterol tubuh.

Kurangi stress

Penelitian menunjukan jika yoga dapat mengurangi gangguan jantung sebagai penahan insulin, tingginya tekanan darah dan radang pembuluh darah. Sekitar 2.7 juta orang Amerika yang didiagnosa mengalami atrial fibrillation, yang menyebabkan jantung bagian atas berdenyut tidak normal, yoga dapat membantunya.
Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Washington University School of Medicine menunjukkan jika pasien Atrial Fibrillation yang melakukan yoga dan memakan obat, sedikit mengalami jantung berdebar dibandingkan pasien yang hanya memakan obat.
“Tidak hanya yoga. Semua cara anda untuk mengurangi stress akan bagus untuk jantung,” kata Becker.

Cari Teman

Mempunyai hubungan dekat dengan orang lain, teman, atau pacar dapat mengurangi risiko dari serangan jantung. Penelitian dari State University of New York di Oswego menemukan tekanan darah dapat menurun ketika anda menghabiskan waktu dengan pasangan.
“Itu bisa terjadi karena interkasi soasial dapat membuat kesehatan lebih baik dan mengurangi depresi. Atau juga karena saraf dan perubahan hormon yang mengurangi stress dan gelisah,” kata Becker.

Dalam studi selama 12 tahun, masyarakat Inggris yang memiliki hubungan yang buruk memiliki 34 persen terkena serangan jantung atau gangguan jantung dibandingkan dengan mereka yang memiliki hubungan yang bahagia.

Makan Coklat

Dark chocolate mengandung kakao yang tinggi. Memakan makanan yang kaya dengan antioksidan ini ternyata menenangkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan mengontrol gula darah.
Namun jangan terlalu banyak. Becker mengatakan jika 1,5 ons dark chocolate akan memberikan jantung yang sehat tanpa menambahkan lemak, gula atau kalori untuk diet anda.
Istirahat

Seseorang yang kurang aktif sepanjang hari ternyata mempunyai 64 persen resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Menghabiskan waktu duduk di sofa atau kursi dapat menimbulkan lemak jahat di sekitar jantung dan level kolesterol, gula darah, trigliserida, dan ukuran pinggang yang tidak diinginkan.
Meskipun demikian melakukan istirahat sebentar dapat melawan efek negatif dari duduk seharian. “Mengambil kesempatan untuk bergerak memiliki keuntungan dan itu sudah dibuktikan,”kata Becker.

Bermimpi

Terlalu banyak atau kekurangan tidur dapat membuat jantung anda tidak sehat. Seseorang yang tidur kurang dari enam jam memiliki resiko terkena stroke atau serangan jantung, dan 1,5 kali lebih tinggi mengalami gagal jantung. Namun orang yang tidur lebih dari delapan jam akan mengalami sakit dada dan penyakit pembuluh darah koroner.

Kurangnya tidur memicu sistem saraf untuk mnegeluarkan hormon stress yang menaikkan tekanan darah, detak jantung, dan gula darah. Namun kebanyakan tidur menimbulkan depresi dan malas berolahraga.

“Delapan jam cukup, namun tidur sendiri tidak memiliki dampak bagi kesehatan kecuali itu terkait nutrisi, aktivitas, manajemen stress dan semua perilaku kesehatan anda,” kata Becker. (ABCNews)

Editor: Doddy Rosadi

  • jantung sehat
  • enam cara
  • istirahat
  • makan coklat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!