INTERNASIONAL

Aplikasi di Ponsel Ini Bisa Memantau Aktivitas Hewan Peliharaan

Aplikasi di Ponsel Ini Bisa Memantau Aktivitas Hewan Peliharaan

KBR68H - Kematian hewan peliharaan adalah sesuatu yang tidak pernah bisa dilupakan Paul Loeffler, salah satu pemilik hewan peliharaan. Anjingnya yang bernama Bear tiba-tiba mati, padahal sehari sebelumnya Bear masih terlihat sehat.

Bertahun-tahun mengingat pengalaman yang menyedihkan itu, Paul akhirnya mendapat ide membuat sebuah aplikasi yang diberi nama Whistle. Aplikasi ini memungkinkan seseorang melihat keadaan anjing peliharaannya dari manapun.

“Mereka (hewan peliharaan) seperti bagian dari keluarga, tapi kita tidak memiliki cukup informasi dalam merawat mereka. Tujuan saya adalah membantu orang yang memiliki anjing seperti Bear mencoba memahami hewan peliharaan mereka dengan melihat pola kesehatan sehari-hari dan jangka panjang yang ada.”kata Paul.

Whistle merekam setiap pergerakan yang dihasilkan seekor anjing. Aplikasi ini akan memberikan peringatan khusus bila menemukan perilaku tidak biasa anjing tersebut yang biasanya menunjukkan penyakit. Untuk menggunakannya, sebuah pelacak aktivitas kecil berisi akselerometer dipasang di leher hewan. Alat ini akan mengirimkan data ke server dengan sinyal wi-fi.

Setiap data yang masuk ke server akan dianalisis, dibandingkan dengan catatan perilaku normal anjing Anda dan catatan normal yang dimiliki database. Laporan aktivitas ini juga dapat pengguna kirimkan ke dokter hewan langganan.

“Kita bisa tahu bila anjing Anda pergi berjalan-jalan atau bermain di taman. Anda bisa memantau aktivitas tersebut dengan format yang menarik di ponsel Anda,” kata Paul.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengikuti perkembangan hewan peliharaan Anda bila sedang jauh darinya, serta memberikan komentar juga foto ke linimasa untuk dilihat oleh anggota keluarga dan teman yang ada di Whistle. (BBC)

Editor: Doddy Rosadi

  • ponsel
  • aplikasi
  • whistle
  • pantau aktivitas hewan
  • wifi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!