BERITA

Singapura Sepakati Perjanjian Keamanan Pangan dengan PBB

"Perjanjian itu nantinya akan diikuti upaya peningkatan ketahanan pangan dan gizi di Asia Tenggara, dengan fokus pada keamanan pangan dan perikanan. "

Ika Manan

Singapura Sepakati Perjanjian Keamanan Pangan dengan PBB
Ilustrasi FAO. Foto: Antara

KBR - Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) dan Singapura pertama kalinya menandatangani tonggak kesepakatan untuk mengatasi keamanan pangan. Penandatanganan itu nantinya akan diikuti upaya peningkatan ketahanan pangan dan gizi di Asia Tenggara, dengan fokus pada keamanan pangan dan perikanan.

Dikutip dari pernyataan resmi FAO, kolaborasi keduanya diyakini akan berpengaruh pada keamanan dan kesehatan makanan termasuk jajanan jalanan. Kesepakatan itu juga sekaligus mengatur upaya memerangi pencurian ikan.


Perjanjian ini, dalam pernyataan resmi disebutkan adalah kesepakatan pertama bagi kedua belah pihak sejak Singapura bergabung dengan FAO pada 2013 lalu. Disebutkan pula bahwa rencananya, akan ada pertukaran pengetahuan, konsultasi teknis dan bentuk kerjasama lainnya, termasuk penyebaran ahli di seluruh wilayah, serta pelatihan, studi banding, seminar dan lokakarya bersama.


Selain bertukar informasi dan menggunakan tenaga profesional di lapangan, FAO dan Singapura juga akan bekerja sama mengembangkan kebijakan pangan, menciptakan program penelitian pertanian dan materi pelatihan, serta menyebarluaskan teknologi baru.

"Kami berharap dapat memperkuat kerjasama dengan FAO terkait keamanan pangan, serta meningkatkan keamanan pangan di daerah-daerah tertentu, dan membahas soal kesehatan hewan juga tanaman," kata Menteri Negara Pembangunan Nasional Maliki Osman. (CNA)


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • FAO
  • Kesepakatan
  • Keamanan pangan
  • Singapura
  • ketahanan pangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!