BERITA

Amerika Serukan Tiongkok Hentikan Reklamasi Laut China Selatan

Amerika Serukan Tiongkok Hentikan Reklamasi Laut China Selatan

KBR - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter menemui seorang Jenderal Tiongkok, Fan Changlong dan kembali menyampaikan seruan negaranya yang meminta Negeri Tirai Bambu itu menghentikan reklamasi lahan di Laut Cina Selatan.

Pada pertemuan itu, Ash Carter sekaligus menekankan soal komitmen Pentagon memperluas kontrak militer dengan Tiongkok. Dalam pembicaraan dengan wakil Kepala Komisi Militer Pusat Tiongkok itu, Ash Carter meminta komitmen Tiongkok dalam pengembangan kerjasama militer yang berkelanjutan dan substantif.


Dia menekankan, kedatangannya itu untuk memperdalam kerjasama di berbagai bidang, termasuk kemanusiaan, penanggulangan bencana dan perdamaian. Carter mengungkapkan kekhawatiran Amerika akan ketegangan sengketa di Laut Cina Selatan.


Itu sebab, dia meminta Tiongkok menghentikan reklamasi lahan dan militerisasi di wilayah sengketa tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai resolusi perdamaian sesuai dengan hukum internasional. (CNA)

Editor: Sindu Dharmawan 

  • sengketa laut china selatan
  • amerika serikat
  • tiongkok
  • reklamasi laut

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!