INTERNASIONAL

PBB: Pembunuhan Tentara Irak Adalah Kejahatan Perang

PBB: Pembunuhan Tentara Irak Adalah Kejahatan Perang

KBR - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa pembunuhan berdarah dingin yang dilakukan oleh kelompok militan Sunni terhadap para tentara Irak hampir dipastikan sebagai kejahatan perang.

Komisaris PBB, Navi Pillay mengatakan PBB memiliki bukti dari pengawas hak asasi manusia di Irak yang menunjukkan ratusan tentara di Irak Utara yang ditahan dan  dieksekusi oleh kelompok Sunni.

Para pejuang dari kelompok militan Sunni, ISIS, menguasai sejumlah kota di Irak dalam satu minggu terakhir ini termasuk menguasai Tal Afar di Irak utara serta kota kunci Mosul dan Tikrit. Dalam sejumlah pertempuran terakhir di dekat Fallujah, helikopter tentara juga dilaporkan ditembak jatuh.

Sekitar 500.000 orang terpaksa mengungsi akibat perang di Mosul yang telah dikuasai oleh kelompok Sunni.

Sementara itu Menteri luar negeri Amerika Serikat John Kerry mengatakan serangan udara mungkin dapat digunakan untuk menghentikan kelompok ISIS di Irak.

"Serangan udara merupakan salah satu pilihan yang penting untuk menekan dan menghentikan gerakan kelompok yang bergerak dengan konvoi dan truk terbuka untuk menteror orang. Bila ada yang membunuh orang dengan cara pembantaian massal seperti ini, tindakan itu harus dihentikan dan perlu dilakukan apa yang perlu untuk menghentikan melalui udara atau cara lain," tambah John Kerry.


Editor: Luviana

  • irak
  • sunni
  • PBB

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!