INTERNASIONAL

Indonesia Peringkat 119 Negara Baik

"KBR "

Indonesia Peringkat 119 Negara Baik
Indonesia, negara, baik

KBR – Indonesia berada di peringkat ke-119 dalam Indeks Negara Baik atau Good Country Index. Selain itu Indonesia juga masuk dalam peringkat ke- 36 bidang perdamaian dan keamanan internasional dalam indeks ini. Indeks ini mengkombinasikan 35 indikator dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Bank Dunia dan lembaga internasional lainnya.

Para peneliti dari Good Country ini menilai sebuah negara dalam bidang sains, teknologi, budaya, perdamaian, dan keamanan internasional. Indikator iklim, kemakmuran dan kesetaraan, serta kesehatan maupun kesejahteraan manusia juga masuk dalam pertimbangan penilaian.

Menurut Indeks ini Irlandia berada di tempat teratas yang dipandang memberikan kontribusi besar bagi kemanusiaan dan planet melebihi bagian lain mana pun di dunia. Irlandia dianggap paling banyak memberikan sumbangan bagi kemanusiaan dan dunia.

Sementara Irak, Vietnam, dan Libya masing-masing berada di peringkat ke-123, 124 dan 125 atau di jajaran terbawah.

Amerika Serikat masuk peringkat ke-21 karena nilai buruknya dalam perdamaian dan keamanan internasional.

Penasehat kebijakan yang merancang survey ini Simon Anholt mengharapkan indeks ini akan mengubah cara negara-negara dalam melakukan bisnisnya dengan mendorong mereka untuk memikirkan pula mengenai dampak global dari tindakan-tindakan mereka, bukan semata-mata memikirkan kepentingan diri sendiri.

“Gagasan Indeks Negara Baik ini sederhana saja yaitu mengukur apa saja yang sudah diberikan setiap negara di dunia untuk kebaikan bersama manusia dan apa saja yang belum diberikannya," kata Anholt.

Sumber: BBC


  • Indonesia
  • negara
  • baik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!