INTERNASIONAL

Amerika Kembalikan Tiga Patung Curian ke Kamboja

"Tiga patung penting yang dijarah dari Kamboja selama perang saudara Kamboja secara resmi telah dikembalikan dalam sebuah upacara di Phnom Penh."

Eva Mazrieva

Amerika Kembalikan Tiga Patung Curian ke Kamboja
amerika serikat, kamboja, patung

KBR, Washington - Tiga patung penting yang dijarah dari Kamboja selama perang saudara Kamboja secara resmi telah dikembalikan dalam sebuah upacara di Phnom Penh.

 

Ketiga patung telah dikembalikan dari berbagai koleksi di Amerika. Menteri Kabinet Sok An menyampaikan terima kasih kepada pejabat Amerika atas dukungannya dalam pengembalian patung-patung itu.


Dua patung dikembalikan dari rumah lelang yang berbasis di Amerika setelah pengumuman di New York bulan lalu. Artifak ke tiga dipulangkan oleh sebuah museum di Kalifornia.


Patung-patung itu yang disebut Duryodhana, Bhima dan Balaram diduga dijarah dari kompleks kuil Koh Ter di provinsi Siem Reap selama pergolakan tahun 1970’an.


Jeff Daigle wakil misi kedutaan Amerika mengatakan Amerika sejak lama bertekad untuk bekerja sama dengan Kamboja untuk menjaga keunikan sejarah kerajaan dan peninggalan-peninggalan budaya.


Ribuan artifak selama bertahun-tahun diambil dari kawasan Ankor, Kamboja yang mencakup lebih dari 400 kilometer persegi dimana terdapat puluhan kuil yang berumur ratusan tahun. (VOA) 


Editor: Antonius Eko 

  • amerika serikat
  • kamboja
  • patung

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!