INTERNASIONAL

Alaska Diguncang Gempa

"Gempa berkekuatan 8,0 skala richter dirasakan masyarakat di sepanjang Alaska, khususnya di Kepulauan Aleutian yang masih jarang penduduknya, pada Senin (23/6) siang waktu setempat, namun tidak ada laporan kerusakan."

Eky Wahyudi

Alaska Diguncang Gempa
alaska, gempa

KBR - Gempa berkekuatan 8,0 skala richter dirasakan masyarakat di sepanjang Alaska, khususnya di Kepulauan Aleutian yang masih jarang penduduknya, pada Senin (23/6) siang waktu setempat,  namun tidak ada laporan kerusakan.


Natasha Ruppert, seorang seismolog dari Pusat Gempa Alaska, mengatakan masyarakat masih berada di bawah peringatan tsunami. 


Gempa bumi yang tercatat pada 12:53 waktu setempat pada awalnya dilaporkan berkekuatan 7,1, namun Ruppert mengatakan gempa tersebut meningkat menjadi 8.0. Gempa itu berpusat sekitar 13 mil (20 kilometer) sebelah tenggara dari Little Sitkin Island.


Gempa tersebut terjadi di kedalaman 60 mil (96 kilometer), yang relatif dangkal untuk gempa bumi di Kepulauan Aleutian. Gempa di bagian dangkal ini membuat semakin besar kemungkinan untuk dirasakan.


Pusat Peringatan Tsunami Nasional di Palmer, Alaska, mengeluarkan peringatan tsunami untuk daerah pesisir antara Nikolski ke Attu, di Kepulauan Aleutian. Warga diperingatkan untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi.


Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk daerah pesisir yang membentang dari Nikolski ke Unimak Lulus.  Peringatan tsunami menandakan akan adanya arus yang kuat dan gelombang berbahaya. (japantoday) 


Editor: Antonius Eko 


  • alaska
  • gempa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!