INTERNASIONAL

Pemerintah Burma Janji Lepaskan Semua Tahanan Politik

"KBR68H - Pemerintah Burma berjanji segera membebaskan seluruh tahanan politik sebagai bagian untuk mengakhiri pemerintahan militer dan reformasi politik."

Pemerintah Burma Janji Lepaskan Semua Tahanan Politik
burma, tahanan politik, dibebaskan

KBR68H - Pemerintah Burma berjanji segera membebaskan seluruh tahanan politik sebagai bagian untuk mengakhiri pemerintahan militer dan reformasi politik. Janji itu disampaikan Presiden Burma Thein Sin dalam pidato di radio, Selasa malam tadi.

Presiden Thein Sein mengatakan, pemerintah telah membentuk komite untuk meninjau seluruh kasus tahanan politik. Seluruh tahanan akan dibebaskan segera mungkin. Namun pemerintah akan mempertimbangkan untuk tetap menahanan narapidana yang terlibat kejahatan kriminal. Selama ini pemerintahan militer Burma menolak mengakui adanya tahanan politik.

Namun sejak Presiden Thein Sein memegang kekuasaan peralihan pada Maret 2011, ratusan tahanan politik segera dibebaskan. Para aktivis mengatakan masih ada sekitar 200 tahanan politik yang masih mendekam di penjara. Aktivis menuding pemerintah Burma menggunakan kebijakan pembagian amnesti sebagai upaya tawar-menawar politik mengingat Burma mendapat sorotan dunia internasional. Pada Mei lalu misalnya, Presiden Thein Sein kembali membebaskan lebih dari 20 tahanan politik dibebaskan sebelum ia mengunjungi Istana Presiden Amerika Serikat di Gedung Putih Washington. (AFP)

Editor: Doddy Rosadi

  • burma
  • tahanan politik
  • dibebaskan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!