INTERNASIONAL

Pekerja di Turki Lakukan Aksi Mogok Nasional

Pekerja di Turki Lakukan Aksi Mogok Nasional

KBR68H - Sejumlah serikat pekerja di Turki menyerukan aksi mogok kerja secara nasional pada hari Senin ini. Seruan itu untuk memprotes aksi kekerasan aparat kepolisian ketika menghadapi demonstran antipemerintah. Seruan mogok disampaikan dua induk organisasi buruh di Turki, yaitu Konfederasi Serikat Pekerja Publik serta Konfederasi Serikat Pekerja Progresif.

Seruan mogok muncul setelah terjadi bentrokan antara polisi dan demonstran di sejumlah tempat, termasuk di ibukota Istanbul dan kota Ankara. Mereka mendesak aparat kepolisian segera menghentikan tindakan kekerasan terhadap warga. Sementara itu Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan membela tindakan keras aparatnya. Menurut Erdogan, ia telah memerintahkan pengusiran demonstran.

Menurut Erdogan, aksi demonstrasi antipemerintah itu tidak lebih hanya upaya kelompok minoritas untuk mendominasi kekuatan mayoritas. Erdogan juga menolak tudingan telah bertindak sebagai diktator. Ia juga mengkritik media luar negeri. Erdogan bahkan menyatakan akan mengidentifikasi satu demi satu orang-orang yang melakukan aksi teror di jalanan. Hingga kini sudah ada lebih dari 70 orang ditahan di Istanbul dan di Ankara, pasca bentrokan demostran. Aksi antipemerintah sudah berlangsung sejak 28 Mei lalu. Sejak saat itu, lebih dari 5,000 orang luka dan sedikitnya empat orang tewas akibat bentrokan dengan aparat. (AFP)

Editor: Doddy Rosadi

  • mogok nasional
  • turki
  • protes polisi
  • demonstrasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!