INTERNASIONAL

Paspor Pembocor Rahasia Amerika Dicabut

Paspor Pembocor Rahasia Amerika Dicabut

KBR68H, Washington - Pejabat-pejabat Amerika mengatakan telah mencabut paspor Edward Snowden – bekas kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika NSA yang dituduh melakukan kegiatan mata-mata.

Pihak berwenang mengatakan pencabutan paspor itu dilakukan sebelum Edward Snowden meninggalkan Hong Kong menuju Rusia Minggu dini hari, agar tidak diekstradisi ke Amerika.  Sebuah pernyataan yang dikeluarkan Amerika menyerukan kepada negara-negara di belahan Barat bahwa Edward Snowden “dicari karena tuntutan kriminal dan seharusnya tidak diijinkan melakukan perjalanan ke negara mana pun”.

Edward Snowden melarikan diri ke Hong Kong awal bulan ini untuk mengungkap rincian program pemantauan rahasia yang dilakukan pemerintah Amerika terhadap pembicaraan telefon dan aktivitas internet di dalam dan luar Amerika.  Tim jaksa Amerika hari Jumat menyampaikan tuduhan melakukan kegiatan mata-mata berdasarkan pengungkapan tersebut dan pada hari minggu menyampaikan kekhawatiran karena Hong Kong tidak menahan buronan itu.

Memuncaknya tekanan pada pihak berwenang Hong Kong membuat Edward Snowden meninggalkan kota itu dan terbang ke Moskow – Rusia, sebelum menuju Ekuador dimana ia diperkirakan meminta suaka politik.  Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino memastikan permintaan suaka tersebut tetapi tidak memberi rincian lain.

Edward Snowden tetap berada di dalam kompleks bandara Moskow setibanya disana hari Minggu.  Kantor berita Rusia mengatakan ia diperkirakan akan menuju ke Kuba hari minggu sebelum melanjutkan penerbangan ke Ekuador.

Kelompok anti-rahasia WikiLeaks mengatakan beberapa penasehat hukumnya dan diplomat-diplomat yang tidak disebut namanya ikut menyertai Snowden ketika ia terbang ke Moskow hari Minggu. WikiLeaks mengatakan para pendamping itu akan terus mengawal Snowden menuju ke Ekuador – salah satu negara yang paling keras mengecam kebijakan luar negeri Amerika.

Ekuador tahun lalu telah menampung pendiri WikiLeaks Julian Assange di Kedutaan Besar Ekuador di London untuk mencegah kemungkinan ekstradisi ke Amerika, dimana ia menghadapi berbagai tuduhan terkait publikasi kawat-kawat rahasia Amerika tahun 2010.

Edward Snowden membocorkan dokumen-dokumen yang memperlihatkan bahwa beberapa badan inteljen Amerika telah mengumpulkan data selama bertahun-tahun tentang pola penggunaan telfon dan internet di dalam dan luar Amerika.  Ia mengatakan program itu melanggar hak-hak privasi warga.

Pejabat-pejabat senior Amerika mengatakan program pengintaian itu tidak memonitor isi pembicaraan telfon, tetapi hanya melihat pola itu pada metadata – termasuk informasi waktu, tanggal dan nomor yang dihubungi.

Pihak berwenang Amerika juga mengatakan bahwa program itu berhasil mencegah sedikitnya 50 serangan teroris di seluruh dunia sejak serangan 11 September 2001. Mereka menuduh Snowden memperlemah kemampuan Amerika untuk mencegah rencana-rencana teroris di masa depan. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • edrward snowden
  • paspor
  • dicabut
  • pembocor rahasa amerika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!