INTERNASIONAL

Migrant Care: Kerusuhan di KJRI Jeddah Karena Buruknya Pelayanan kepada TKI

"KBR68H, Jakarta "

Irvan Imamsyah

Migrant Care: Kerusuhan di KJRI Jeddah Karena Buruknya Pelayanan kepada TKI
migrant care, KJRI, Jeddah, pembakaran, TKI

KBR68H, Jakarta – LSM Buruh Migrant Care menuding kerusuhan yang terjadi di Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah, Arab Saudi disebabkan karena buruknya sumber daya manusia dalam pelayanan.

Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah mengatakan, KJRI dan Kementerian Luar Negeri tidak mengantisipasi lonjakan WNI yang mengurus dokumen. Seharusnya Konsulat Jenderal dan Kementerian bisa mempersiapkan pelayanan lebih baik karena proses pemutihan dokumen akan berlangsung hingga awal Juli mendatang.

"Masa-masa pemutihan itu pasti buruh migrant yang datang itu ribuan, nah yang dibutuhkan itu sebetulnya tidak sekedar administrasi bagaimana memutihkan dokumennya tetapi pelayanan lain yang melayani orang yang membutuhkan pelayanan dokumen itu. Ini yang tidak siap dari KJRI sehingga dari ribuan orang berjubel itu banyak yang pingsan, kehausan, mengantri dan lain sebagainya tidak tertib, ada yang lapar, kepanasan dan lan sebagainya. Ini kan yang tidak dipersiapkan sebelumnya,” ucap Direktur Eksekutif Migran Care Anis Hidayah saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya, satu orang tewas dan beberapa orang lainnya terluka dalam kerusuhan di luar gedung Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah, Arab Saudi.

Kejadian itu dipicu desak-desakan belasan ribu orang WNI yang berebutan masuk untuk pemutihan dokumen izin tinggal di Arab Saudi. Warga yang antri mengeluhkan pelayanan imigrasi yang buruk dan lambat.

Editor: Doddy Rosadi

  • migrant care
  • KJRI
  • Jeddah
  • pembakaran
  • TKI

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!