INTERNASIONAL

Korea Utara Siapkan Dialog dengan AS

Korea Utara Siapkan Dialog dengan AS

KBR68H - Korea Utara mengajukan permintaan dialog tingkat tinggi dengan pemerintah Amerika Serikat, untuk membicarakan program senjata nuklir mereka. Dialog itu diharapkan bisa mengurangi ketegangan di Semenjanjung Korea.

Kantor berita Korea Utara KCNA menyebutkan, negara itu menginginkan diskusi serius mengenai berbagai isu, termasuk keinginan Amerika yang ingin membebaskan dunia dari senjata nuklir. Korea Utara berharap Amerika bisa segera menyiapkan waktu dan tempat dialog.

"Kami mengajukan proposal dialog tingkat tinggi antara Korea Utara dan Amerika, untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan dan mengurangi ketegangan di Semenjanjung," demikian siaran yang disampaikan Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara.

"Jika memang benar-benar Amerika berkeinginan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan, maka seharusnya Amerika tidak perlu memberi syarat-syarat untuk dialog," lanjut pernyataan dari Korea.

Korea Utara selama ini terus memperkuat diri membuat persenjataan nuklir. Namun negara itu mengklaim, mereka peduli dengan upaya de-nuklirisasi atau penghapusan senjata nuklir di kawasan Semenanjung. Hanya saja Korea Utara akan mempertahankan senjata nuklir mereka untuk berjaga-jaga dari ancaman nuklir Amerika.

"Status kami sebagai negara berkekuatan senjata nuklir akan tetap dipertahankan, sampai ancaman nuklir dari luar benar-benar dihentikan," lanjut pernyataan sikap dari Komisi Pertahanan Nasional Korea Utara.

Situasi keamanan di Semenanjung Korea terus memanas, sejak Korea Utara melakukan ujicoba senjata nuklir ketiga pada Februari lalu. Ujicoba itu memanaskan hubungan dengan Korea Selatan yang merupakan mitra dari Amerika Serikat. Uji coba itu kemudian memicu sanksi baru dari Perserikatan Bangsa-bangsa PBB.

Belakangan, Korea Utara dan Korea Selatan bersepakat menggelar dialog untuk mengurangi ketegangan. Namun, rencana dialog pada Juni ini dibatalkan berkaitan dengan perbedaan sikap dalam protokol dua negara. (AFP) 

  • Korea Utara
  • Amerika Serikat
  • dialog
  • nuklir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!