INTERNASIONAL

Kondisi Kesehatan Nelson Mandela Memburuk

"KBR68H - Warga Afrika Selatan terus memberikan dukungan doa kepada tokoh pejuang keadilan dan kesetaraan ras, Nelson Mandela."

Agus Luqman

Kondisi Kesehatan Nelson Mandela Memburuk
nelson manela, kritis, bekas presiden afrika selatan

KBR68H - Warga Afrika Selatan terus memberikan dukungan doa kepada tokoh pejuang keadilan dan kesetaraan ras, Nelson Mandela. Mandela saat ini masih dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis. Komunitas warga di berbagai dunia juga meminta keluarga bekas Presiden Afrika Selatan itu mengikhlaskan jika sewaktu-waktu Mandela wafat. Salah seorang teman dekat Mandela, Andrew Mlangeni berharap agar Madiba (nama marga Mandela) segera pulih. Namun ia juga berharap agar keluarga merelakan jika Mandela pergi selama-lamanya.

"Ketika keluarga rela melepas dia, maka rakyat Afrika Selatan akan turut serta. Kami akan mengatakan, Terima kasih Tuhan, Engkau telah memberikan orang ini pada kami. Dan selanjutnya kami akan melepasnya juga," kata Andrew Mlangeni yang juga pernah menjadi tahanan politik bersama Mandela di tahun 1964.

Pemerintah Afrika Selatan belum mengeluarkan keterangan resmi sejak pengumuman terakhir Sabtu lalu. Terakhir Mandela disebut dalam kondisi kesehatan serius namun stabil. Perawatan kesehatan Mandela kali ini merupakan kali keempat, sejak peraih Nobel Perdamaian itu mengalami infeksi paru-paru. Nelson Mandela merupakan tokoh yang sangat dihormati di Afrika Selatan dan dunia.

Ia dikenal sebagai tokoh pejuang keadilan dan kesetaraan ras, yang dikenal sebagai gerakan anti aparteid. Mandela menjadi Presiden Afrika Selatan pertama yang berasal dari warga kulit hitam. Nelson Mandela juga mendapat sebutan sebagai Bapak Bangsa Negeri Pelangi. Di Afrika Selatan, Mandela menjadi simbol pemaaf. Sebutan ini merujuk pada Mandela yang pernah dipenjara 27 tahun, namun setelah itu ia menyerukan rekonsiliasi. (AFP)

Editor:Doddy Rosadi

  • nelson manela
  • kritis
  • bekas presiden afrika selatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!