INTERNASIONAL

Keluarga: Kesehatan Mandela Berangsur Membaik

Keluarga: Kesehatan Mandela Berangsur Membaik

KBR68H - Kondisi kesehatan bekas Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela dikabarkan berangsur-angsur membaik, dibanding beberapa hari sebelumnya.

Bekas istri Mandela, Winnie Madikizela memberikan informasi terkini keadaan Mandela, di depan bekas rumah Mandela di Soweto.

"Saya bukan dokter, tapi saya bisa katakan dari apa yang saya tahu dibandingkan beberapa hari lalu, ada peningkatan pesat," kata Madikizela.

Keluarga Nelson Mandela dan para anggota kabinet bergantian mengunjungi tokoh peraih Nobel Perdamaian berusia 94 tahun itu, di Rumah Sakit. Mandela sebelumnya dikabarkan dalam kondisi kritis.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, beberapa hari lalu mengatakan Mandela dalam kondisi kritis namun stabil.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Afrika Selatan untuk melakukan kunjungan kerja. Obama rencananya berada di sana selama satu minggu. Itu merupakan kunjungan kedua Obama di benua Afrika setelah sebelumnya mengunjungi Senegal. Belum ada kepastian apakah Obama bakal menjenguk Nelson Mandela.

"Saya tidak butuh ber-photo opportunity (berfoto-foto di tengah kesempatan-Red). Saya pernah berkesempatan ketemu dia. Micelle dan anak-anak juga sudah pernah bertemu dia. Saat ini, kami hanya berharap dia dalam kondisi sehat, nyaman, begitu juga keluarganya," kata Obama dalam pernyataan resmi.

Meski begitu keluarga Mandela berharap, Obama bisa menyempatkan hadir untuk menjenguk Mandela. (CBS News, Radio Australia, Reuters)

Editor: Agus Luqman

  • Mandela
  • Afrika Selatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!