INTERNASIONAL

Hassan Rouhani Unggul Sementara

Hassan Rouhani Unggul Sementara

KBR68H - Calon Presiden Iran, Hassan Rouhani duduk di posisi teratas dalam perolehan suara sementara Pemilihan Umum Iran. Kandidat yang disokong kelompok reformis itu berhasil meraup 1,46 juta suara atau sekitar 49,87 persen. Sementara itu, pesaing terdekatnya, Walikota Iran, Mohammed Bager Qalibat memperoleh 488 ribu suara atau sekitar 16 persen lebih. 


Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum setempat baru menghitung 2,9 juta surat suara. Sementara, sekitar 50 juta penduduk Iran telah menggunakan hak suaranya. Meski begitu, apabila tidak ada kandidat yang berhasil memperoleh 50 persen lebih suara, maka putaran kedua akan diselenggarakan pada Jumat mendatang. 


Sebelumnya, warga Iran memberikan suaranya pada hari Jumat lalu. Para pemilih akan mencari pemimpin untuk menggantikan Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang telah berkuasa selama delapan tahun di Iran.(BBC)



Editor: Fuad Bakhtiar

  • hassan rouhani
  • pemilu iran
  • hassan unggul

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!