INTERNASIONAL

800 Korban Banjir India Dikremasi Massal

"KBR68H "

Aisyah Khairunnisa

800 Korban Banjir India Dikremasi Massal
kremasi massal, korban banjir, india

KBR68H – Pembakaran  mayat (kremasi) massal jenazah korban banjir India akhirnya dilaksanakan Kamis (27/6) sore ini. Rencana kremasi ini sempat tertunda karena cuaca buruk.

“Kremasi jenazah di Kerdanath yang sempat tertunda selama dua hari akhirnya dilaksanakan sore ini,” ujar Petugas Pelayanan Administrasi India (IAS), Ravinath Raman.

Kedarnath menjadi wilayah terparah yang diterjang banjir. Sebanyak 200 jenazah sudah dikremasi dari total 800 korban jiwa. Pemerintah juga telah memberikan kayu bakar, minyak, dan pendeta untuk acara kremasi massal.

Kremasi ini dilakukan atas saran tim penolong yang khawatir akan merebaknya penyakit yang berasal dari mayat yang membusuk. Beberapa hari yang lalu tim forensik sudah mengambil sampel DNA dan dokumentasi jenazah korban mengingat banyak mayat yang belum teridentifikasi.

Hingga kini masih banyak mayat yang tertimbun di dalam lumpur sehingga tim penyelamat harus bekerja keras untuk mengeluarkannya. Kini penanganan difokuskan pada pembagian makanan dan obat-obatan untuk ribuan penduduk desa yang berada di pengungsian. (BBC)

Editor: Doddy Rosadi

  • kremasi massal
  • korban banjir
  • india

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!