BERITA

Rodrigo Duterte Unggul pada Pemilu FIlipina

Rodrigo Duterte Unggul pada Pemilu FIlipina
Rodrigo Duterte. Foto: KBR/AsiaCalling (Madonna Virola)

KBR, Rodrigo Duterte unggul pada Pemilu Presiden Filipina. Pada Jajak Duterte yang merupakan salah satu Walikota yang menjabat paling lama di Davao City, Filipina ini unggul sebesar 11 persen dari saingan terberatnya. 


Duterte memiliki banyak pendukung, karena dianggap sebagai orang yang mampu menekan tingkat kriminalitas di Davao City. Para pemilih Duterte menganggap jika hal ini bisa ditekan oleh Duterte di sebuah kota, bukan tidak mungkin penekanan kriminalitas di seluruh Filipina bisa dilakukan.


“Jika aku menjadi seorang Presiden, aku akan melakukan apa yang telak kulakukan sebagai walikota. Kalian semua para pecandu narkoba, kalian bre**sek, aku akan membunuh kalian, kesabaranku sudah habis, aku tidak akan memberikan jalan tengah, ini masalah kalian yang membunuhku atau aku yang membunuh kalian.” kata Duterte di depan of 200,000 supporter di Manila’s Rizal Park, Sabtu (7/5/2016)


Kata-kata Duterte yang dianggap kontroversial ini justru yang membuat dirinya memiliki banyak pendukung. Sebagian kalangan mungkin menganggap Duterte pahlawan, namun tidak sedikit yang menganggapnya sebagai pembunuh. 


Hari ini, Senin (9/5), lebih dari 54 juta penduduk Filipina memberikan suara untuk pemilihan presiden dan juga kepala daerah. Berhubungan dengan situasi yang memanas sejak kemarin, polisi pun memperketat keamanan dengan menurunkan 100 ribu personelnya.

BBC melaporkan lima kandidat akan bertarung berebut suara untuk menuju kursi kepresidenan, yaitu Rodrigo Duterte, Mar Roxas, Jejomar Binay, Grace Poe dan Miriam Defensor-Santiago. Selain itu, lebih dari 45.000 kandidat lainnya memperebutkan 18.000 kursi pejabat tinggi, termasuk kursi kongres.

Presiden Filipina saat ini, Benigno Aquino, berharap Rodrigo Duterte tidak memenangkan pemilihan. Ia menghimbau masyarakat Filipina dapat lebih pintar dalam menentukan pilihan. (TIME/BBC) 


Editor: Malika

  • Rodrigo Duterte
  • Pemilu Filipina 2016
  • Benigno Aquino

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!