INTERNASIONAL

Thailand Undur Pemilu Sampai 3 Agustus

"KBR, Jakarta - Pemerintah Thailand kembali mengundurkan waktu pemilu sampai 3 Agustus 2014. Padahal sebelumnya pemilu akan digelar 20 Juli besok."

Pebriansyah Ariefana

Thailand Undur Pemilu Sampai 3 Agustus
Thailand, Yinluck, Abhisit, Politik

KBR, Jakarta - Pemerintah Thailand kembali mengundurkan waktu pemilu sampai 3 Agustus 2014. Padahal sebelumnya pemilu akan digelar 20 Juli besok.

Pengumuman itu dilakukan Pejabat Perdana Menteri Thailand Niwatthamrong Boonsongphaisan, Rabu (21/5) seperti dilansir Reuters. Dia meminta langsung kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Bangkok.

Pengunduran pemilu itu lantaran saat ini status Thailand makin tidak jelas. Terkahir Senin kemarin Negeri Gajah Putih itu berstatus darurat militer.

"Pemerintah sudah kirim surat kepada Komisi Pemilihan yang menyarankan agar menyelenggarakan pemilihan pada 3 Agustus. Kami pikir itu pilihan tepat," kata dia.

Selain meminta pemilihan umum diundur, Juru Bicara Tentara Thailand, Winthai Suvari juga meminta pemerintah mengeluarkan dekrit yang berisikan undang-undang darurat. Ini untuk menghilangkan ketegangan di negaranya.

"Undang-undang darurat ini hanya untuk memulihkan kedamaian dan ketenangan, tidak berurusan dengan pemerintah, yang masih bekerja seperti biasa," kata Suvari.

  • Thailand
  • Yinluck
  • Abhisit
  • Politik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!