INTERNASIONAL

Satu Tewas dan 100 Terluka Dalam Kerusuhan Anti-Tiongkok di Vietnam

"Awalnya para pekerja melakukan aksi mogok tapi kemudian aksi itu dengan cepat berubah menjadi aksi kekerasan."

Vitri Angreni

Satu Tewas dan 100 Terluka Dalam Kerusuhan Anti-Tiongkok di Vietnam
Vietnam, anti-Tiongkok, kerusuhan, mogok, pengeboran minyak

KBR – Kerusuhan anti-Tiongkok di pabrik baja Vietnam menewaskan seorang pekerja Tiongkok dan 100 orang lainnya terluka. Kerusuhan terbaru itu meletus pada hari Rabu (14/5) di sebuah pabrik baja milik konglomerat industri Taiwan, Formosa, di provinsi Ha Tinh Vietnam tengah, sekitar 500 kilometer dari Hanoi. 


Dalam sebuah pernyataan, Formosa menyebutkan awalnya para pekerja melakukan aksi mogok tapi kemudian aksi itu dengan cepat berubah menjadi aksi kekerasan. Pekerja mulai "menyerang beberapa pekerja Tiongkok dan merusak kantor dan barang-barang". Selain menelan korban jiwa, tiga rumah bagi para pekerja Tiongkok di pabrik Formosa juga hancur.

 

Menteri Perencanaan dan Investasi Vietnam Kamis (15/5) menyerukan "tindakan keras" untuk mengendalikan situasi sebelum investor asing menarik diri dari negara itu.


Sebelumnya akhir pekan lalu telah terjadi aksi demontrasi besar anti-Tiongkok di Vietnam. Aksi itu disebut-sebut yang terbesar di negara itu. Protes itu dilakukan untuk mengutuk pengeboran minyak oleh Tiongkok di wilayah sengketa yang turut memperkeruh hubungan kedua negara. (channelnewsasia.com)


(Baca juga: Warga Vietnam Gelar Aksi Anti Tiongkok)

  • Vietnam
  • anti-Tiongkok
  • kerusuhan
  • mogok
  • pengeboran minyak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!