INTERNASIONAL

Eropa Getol Kurangi Kantong Plastik

"Eropa menjadi kawasan yang paling getol menggalakan hidup ramah lingkungan. Negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa menargetkan bisa mengurangi penggunaan 80 miliar kantong plastik di 2019."

Eropa Getol Kurangi Kantong Plastik
Eropa, Kantong Plastik

KBR - Eropa menjadi kawasan yang paling getol menggalakan hidup ramah lingkungan. Negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa menargetkan bisa mengurangi penggunaan 80 miliar kantong plastik di 2019.

Eropa sudah dengan berbagai cara mengurangi penggunaan kantung plastik. Mulai dari pengenaan pajak tinggi dan menerapkan kantung plastik berbayar. Meski hasilnya tidak terlalu buruk, namun juga tidak terlalu menggembirakan. Saat ini tercatat rata-rata pengguna kantung plastik ada 100 miliar.

"Kantong plastik tipis sering digunakan oleh toko-toko. Bahkan konsumen disuruh membayar kantong plastik itu, tapi tetap tidak pengaruh," begitu catatan DW.

Di lautan Eropa, kantong plastik sudah menjadi momok spesies di sana. Bahkan data menyebutkan 94 burung di Laut Utara mengandung potongan atau jejak plastik. Itu adalah catatan Komisi Eropa. Di Denmark, Kantung plastik dikenakan pajak cukup tinggi. Begitu juga dengan Portugal, Polandia dan Slovakia.

Editor: Anto Sidharta

  • Eropa
  • Kantong Plastik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!