BERITA

Para Ilmuwan Temukan Ekspresi Baru

Para Ilmuwan Temukan Ekspresi Baru

KBR - Para peneliti dari Universitas Negeri Ohio mengidentifikasi ekspresi wajah baru yang disebut, Not Face. Salah satu peneliti, Aleix Martinez menjelaskan, ekspresi tersebut merupakan tanda ketidaksetujuan atas sebuah pernyataan.


Raut wajah ini ditandai dengan dahi mengernyit, bibir yang ditekan bersamaan, dan dagu yang agak timbul. Ketiganya merupakan kombinasi dari 3 ekspresi yang biasa dikenal dengan marah, jijik dan penghinaan.


Untuk penelitian ini, tim ilmuwan meminta 158 peserta duduk di depan kamera dan berbincang dengan salah satu peneliti. Kelompok ini terdiri dari 4 penutur bahasa, yakni Inggris, Spanyol, Cina Mandarin dan bahasa isyarat Amerika. Keempatnya dipilih lantaran bahasa-bahasa tersebut berevolusi dari struktur gramatikal yang berbeda. Meski begitu, Not Face, tak dibatasi negara atau budaya.


Tim peneliti melaporkan, ekspresi ini bersifat universal. Penutur Bahasa Isyarat Amerika (ASL) terkadang menggunakan Not Face menggantikan bahasa isyarat resmi untuk berkata tidak. Hasil riset ini memang terlihat tak mencengangkan, namun ini adalah kali pertama para ilmuwan mengidentifikasi ekspresi wajah yang bisa menggantikan bahasa isyarat Amerika. (Science Alert) 

  • sains
  • Ekspresi Baru
  • Universitas Negeri Ohio

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!