BERITA

Warga Iran Rayakan Kesepakatan Nuklir

Warga Iran Rayakan Kesepakatan Nuklir

KBR - Ratusan warga Iran turun ke jalanan ibukota Teheran untuk merayakan tercapainya kerangka kerja kesepakatan nuklir Iran. 

Jalan terpanjang di Teheran, Val-e-Asr Avenue padat dengan kenderaan bermotor yang membunyikan klakson mobil dan motor. Warga menilai kesepakatan ini membuat mereka bisa hidup normal sama seperti warga dunia lainnya. 

Iran selama 12 tahun berlakangan menghadapi sanksi internasional terkait program nuklirnya dan sanksi tersebut memukul perkenomian negara itu. Padahal, Iran memiliki cadangan minyak terbesar keempat di dunia. 

Ekspor minyak mentah anggota OPEC ini telah jatuh dari lebih dari 2,2 juta barel per hari pada 2011 menjadi sekitar 1,3 juta barel per hari karena sanksi AS-Uni Eropa. Setelah berlangsung alot selama 8 hari, perundingan 6 negara dengan Iran di Lausanne, Swiss akhirnya mencapai kesepakatan mengenai kerangka kerja. Sementara, kesepakatan final akan dilakukan 30 Juni mendatang. (bbc)

Editor: Antonius Eko 

 

  • nuklir
  • iran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!