BERITA

Panti Jompo Belanda Tawarkan Sewa Gratis pada Mahasiswa

Panti Jompo Belanda Tawarkan Sewa Gratis pada Mahasiswa

Panti jompo di Belanda mengizinkan mahasiswa untuk tinggal gratis di rumah sewaan di sebelah panti itu. Langkah ini diambil untuk membantu menghindari dampak buruk dari usia tua. 

Sebagai gantinya, panti jompo Humanitas di Deventer, Belanda, meminta para mahasiswa menghabiskan 30 jam per bulan untuk bersikap sebagai ‘tetangga yang baik’. Mereka diminta terlibat untuk berbagai kegiatan bersama manula, termasuk menonton acara olahraga, merayakan ulang tahun dan, yang utama, menemani manula yang sakit. 

Langkah ini dipercaya membantu manula mengatasi rasa kesepian. Penelitian di Amerika Serikat menyebut keterasingan dan kesendirian punya hubungan dengan meningkatnya angka kematian manula. 

Enam mahasiswa dari universitas di Saxion dan Windesheim tinggal di sebelah panji jompo yang diisi 160 orang. Mereka diizinkan datang dan pergi sesukanya, dengan satu syarat tak mengganggu para manula. 

Program ini dimulai dua tahun lalu setelah kepala panti jompo Humanitas, Gea Sijpkes menerima keluhan dari seorang mahasiswa Onno Selbach, yang mengeluhkan kondisi dan kebisingan di asrama mahasiswa. 

Keduanya lalu menggagas program yang juga sudah dilakukan di Lyons, Prancis dan Cleveland, Ohio. Program ini awalnya dilakukan di Barcelona, Spanyol pada 1990 dan sudah ditiru di 20 kota. (pbs) 

 

  • panti jompo
  • Belanda

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!