BERITA

Kelompok ISIS Mulai Tertekan

"Kelompok ISIS kehilangan sekitar 25 hingga 30 persen wilayahnya setelah serangan udara dari koalisi Amerika dan Irak. "

Nurika Manan

Kelompok ISIS Mulai Tertekan
pasukan ISIS (foto: Guardian)

KBR - Kelompok ISIS kehilangan sekitar 25 hingga 30 persen wilayahnya setelah serangan udara dari koalisi Amerika dan Irak. 

Padahal bulan lalu, setelah penyerangan ISIS terhadap pangkalan militer Irak, sebagian besar wilayah bagian utara dan barat Irak di bawah kontrol pasukan ISIS. Namun pasca serangan udara sepanjang sebulan oleh koalisi pimpinan Amerika Serikat dan Irak, penguasaan ISIS berkurang. 

Juru Bicara Pentagon, Steve Warren mengatakan, ISIS kini perlahan-lahan dalam kondisi tertekan. Dia meyakini, pasukan keamanan Irak dan koalisi kekuatan udaralah yang menyebabkan itu. 

Warren menyebutkan wilayah kekuasaan ISIS yang berhasil direbut sekitar 13 ribu sampai 17 ribu kilometer persegi. Sementara, Presiden AS, Barack Obama dan Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi dikabarkan akan bertemu di Gedung Putih di tengah pengumuman Irak yang berencana menargetkan kota Mosul dalam serangan berikutnya

Editor: Antonius Eko 

 

  • ISIS
  • Irak

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!