BERITA

ISIS Bebaskan Ratusan Anggota Komunitas Yazidi Irak

ISIS Bebaskan Ratusan Anggota Komunitas Yazidi Irak
Pasukan ISIS (foto: Guardian)

Pejabat keamanan Kurdi mengatakan, kelompok ISIS membebaskan sedikitnya 216 anggota komunitas Yazidi Irak, yang telah ditawan selama 8 bulan.

Para saksi mata mengatakan, penyerahan tahanan itu berlangsung Rabu (8/4/2015) di provinsi Kirkuk di utara. Saksi mata mencatat, kebanyakan warga Yazidi itu adalah  orang tua yang sakit-sakitan. 

Alasan pembebasan itu tidak jelas, Pembebasan masal itu adalah yang kedua, setelah sekitar 200 warga Yazidi dibebaskan Januari lalu oleh ISIS setelah ditawan selama 5 bulan. 

Ribuan Yazidi melarikan diri Agustus lalu ketika pejuang ISIS menguasai kota  Sinjar, di utara Irak dekat perbatasan Suriah, tetapi ratusan lainnya ditangkap. 

Dalam upayanya menguasai Irak, ISIS menembak dan membunuh orang-orang Yazidi, menculik perempuan dan anak-anak perempuan, dan menjual mereka sebagai budak. 

Warga Yazidi adalah suku Kurdi yang percaya pada satu Tuhan, dan kepercayaan mereka dikaitkan pada ajaran Zoroaster.Yazidi telah berulang kali menderita akibat perlakuan diskriminatif selama berabad-abad, khususnya oleh orang-orang Islam Arab yang tidak memahami kepercayaan mereka. (VOA) 

Editor: Antonius Eko  

  • ISIS
  • Irak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!