BERITA

Irak Gali Kuburan Massal Korban ISIS

"Salah satu anggota tim forensik Khalid Al Atbi mengatakan, pada penggalian pertama ditemukan sedikitnya 20 jenazah. "

Irak Gali Kuburan Massal Korban ISIS
Kelompok ISIS (foto: Antara)

KBR - Sejumlah tim forensik Irak mulai menggali 12 makam di lahan yang diduga menjadi kuburan massal 1.700-an serdadu Irak korban kelompok ISIS. Lahan itu ditemukan di Kota Tikrit. 

Setelah penggalian, jasad yang ditemukan akan melalui uji DNA agar identitasnya teridentifikasi. Dikutip dari Reuters, salah satu anggota tim forensik Khalid Al Atbi mengatakan, pada penggalian pertama ditemukan sedikitnya 20 jenazah. 

Indikasi awal, kata dia, menunjukkan bahwa jenazah adalah korban pembunuhan. Para serdadu Irak yang diduga dikuburkan di lahan tersebut disebut dibunuh pada Juni 2014 lalu. 

Kala itu, ISIS melansir foto-foto dan video eksekusi tentara Irak ke dunia maya. Sejumlah serdadu yang mampu meloloskan diri bersaksi bahwa kelompok ISIS menanyakan kepercayaan para korban sebelum mengeksekusi. 

Pasukan militer Irak mengambil alih Kota Tikrit dari kelompok ISIS beberapa hari lalu. Serbuan yang dimulai pada 2 Maret lalu itu melibatkan 30.000 personel. Dua-pertiga dari jumlah itu merupakan anggota milisi Syiah, Hasid Shaabi.

Editor: Antonius Eko 

 

  • ISIS
  • Irak
  • kuburan massal
  • Toleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!