BERITA

Hillary Clinton Mulai Kampanye Pilpres di Iowa

"Bekas menlu Amerika tersebut mulai berkampanye di berbagai negara bagian dimulai dari Iowa, tempat asal kaukus presiden pertama Amerika."

Yoni Puspadi

Hillary Clinton Mulai Kampanye Pilpres di Iowa
Hillary Clinton (kiri) (foto: Antara)

Hillary Clinton telah memulai kampanye pemilunya untuk jabatan  presiden tahun 2016, sementara pesaing dari Partai Republik juga mengumumkan pencalonan dirinya.Bekas menlu Amerika tersebut mulai berkampanye di berbagai negara bagian dimulai dari Iowa,  tempat asal kaukus presiden pertama Amerika.

Clinton mengumumkan pencalonannya sebagai kandidat Partai Demokrat pada Minggu (12/4/2015) dalam sebuah video online dimana ia berjanji akan memperbaiki nasib kalangan menengah.

Clinton adalah calon Partai Demokrat pertama yang menyatakan ikut dalam persaingan untuk menggantikan Presiden Obama yang mengalahkannya dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat tahun 2008.  Obama tidak akan mencalonkan diri lagi setelah dua masa jabatan sebagai presiden.

Sementara itu, persaingan makin ramai. Senator Marco Rubio dari Partai Republik mengatakan pada para donatur utamanya hari Senin (13/4/2015)  bahwa ia mencalonkan diri untuk menjadi Presiden. 

Ia diharapkan untuk membuat pengumuman resmi dalam acara Senin malam di Miami di lokasi dimana pihak berwenang Amerika pertama kali mendaftar warga Kuba yang melarikan diri dari pemerintahan Fidel Castro pada tahun 1960’an. Rubio adalah senator amerika keturunan Kuba. (VOA) 

 

  • Hillary Clinton
  • Calon Presiden Amerika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!