BERITA

AS dan Kuba Bertemu Setelah Bermusuhan Lebih Setengah Abad

"Pejabat Tinggi Amerika Serikat dan Kuba melakukan pertemuan di Panama. Ini pertama kalinya setelah lebih dari 50 tahun, hubungan keduanya terputus. "

Nurika Manan

AS dan Kuba Bertemu Setelah Bermusuhan Lebih Setengah Abad

KBR - Pejabat Tinggi Amerika Serikat dan Kuba melakukan pertemuan di Panama. Ini pertama kalinya setelah lebih dari 50 tahun, hubungan keduanya terputus. 

Dikutip dari laman Reuters, Departemen Luar Negeri AS dari Panama City mengatakan, pertemuan akan berlangsung antara Menteri Luar Negeri John Kerry dan Menlu Kuba Bruno Rodriguez. 

Pertemuan tingkat tinggi ini dilakukan menyusul perbaikan hubungan dua negara yang dicanangkan Presiden Barack Obama dan Raul Castro Desember tahun lalu. Perbaikan hubungan kedua negara diperkirakan akan menguntungkan perekonomian dan citra Kuba di mata internasional. 

Amerika Serikat disinyalir akan segera mencabut Kuba dalam daftar negara penyokong terorisme. 

Sebelumnya, hubungan Amerika Serikat dan Kuba rusak setelah terjadi revolusi di Kuba, berujung pada hengkangnya Fulgencio Batista yang didukung Washington pada 1 Januari 1959, dan digantikan oleh Fidel Castro.

Editor: Antonius Eko 

 

  • Amerika Serikat
  • kuba

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!