BERITA

Amnesty International Minta Arab Saudi Moratorium Hukuman Mati

"Organisasi HAM Amnesty International mengecam eksekusi terhadap WNI di Arab Saudi, Siti Zaenab, yang diduga mengalami masalah kesehatan jiwa"

Nurika Manan

 Amnesty International Minta Arab Saudi Moratorium Hukuman Mati

KBR - Organisasi HAM Amnesty International mengecam eksekusi terhadap WNI di Arab Saudi, Siti Zaenab, yang diduga mengalami masalah kesehatan jiwa. 

Dikutip dari laman Amnesty International, Direktur program Timur Tengah dan Afrika Utara Amnesty International, Philip Luther menyatakan eksekusi terhadap seseorang yang diduga mengalami gangguan jiwa bertentangan dengan dasar kemanusiaan. 

Kata dia, praktik tersebut telah dikecam secara luas di dunia dan Arab Saudi. Seharusnya pemerintah Arab Saudi mempertimbangkan ulang kebijakan hukuman mati itu. Sebuah resolusi PBB telah menyerukan untuk tidak mengeksekusi atau menerapkan hukuman mati bagi seseorang yang menderita semua jenis gangguan jiwa. 

Philip mengungkapkan, apa pun yang menjadi alasan di balik pelaksanaan eksekusi pada tahun ini, seharusnya memunculkan kecaman internasional. Otoritas kerajaan harus menunda eksekusi ini dan menjalankan moratorium hukuman mati secara resmi.

Editor: Antonius Eko 

 

  • TKI
  • Arab Saudi
  • siti zaenab

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!