INTERNASIONAL

Pemilu di Bihar India Diganggu Ledakan Bom

Pemilu di Bihar India Diganggu Ledakan Bom

KBR68H, Washington - Sebuah bom yang diledakkan oleh tersangka pemberontak Maois menewaskan dua tentara India dan melukai setidaknya tiga  orang selagi pemungutan suara berlangsung di negara bagian Bihar, India bagian timur. 


Pemberontak Maois telah mendesak para pemilih untuk tidak mendatangi tempat pemungutan suara dan mengancam untuk mengganggu pemilu.


Pemungutan suara hari Kamis adalah tahap ketiga pemilihan parlemen India, yang diselenggarakan lebih dari satu bulan untuk memberi lebih dari 800 juta pemilih kesempatan memberikan suara.


Pemungutan suara dimulai di ibukota, New Delhi, di negara-negara bagian tetangga Haryana dan beberapa bagian provinsi Uttar Pradesh, India utara, bersama dengan beberapa daerah di timur dan selatan. 


Banyak warga desa kembali ke rumah mereka untuk pertama kalinya setelah kehilangan tempat tinggal karena kerusuhan antara Hindu dan Muslim tahun lalu di dan sekitar kota Muzaffarnagar. Kekerasan sektarian itu menyebabkan lebih dari 60 orang tewas dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Sebagian besar korban adalah Muslim.


Partai oposisi nasionalis Hindu, BJP, sedang berusaha menjatuhkan Partai Kongres setelah satu dekade berkuasa, dan berjanji untuk merevitalisasi ekonomi yang stagnan.


Perdana Menteri India Manmohan Singh yang akan melepaskan jabatan mengatakan akan menjadi bencana jika Narendra Modi  dari BJP menjadi perdana menteri baru. 


Mahkamah Agung India membebaskan Modi dari tuduhan membantu menghasut kerusuhan antara Hindu dan Muslim di Gujarat pada tahun 2002 yang menewaskan sekitar 1.000 orang. Hari terakhir pemilu adalah tanggal 12 Mei. (VOA) 


Editor: Antonius Eko 

  • pemilu india

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!