INTERNASIONAL

Hari Ini Obama ke Filipina

"Akan disambut demo anti-Amerika."

Hari Ini Obama ke Filipina
Obama, Filipina

KBR68H, Jakarta – Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan segera mendarat di Filipina hari ini untuk kunjungan keempat sekaligus terakhir dari rangkaian kunjungan di Asia Tenggara. 


Di negara sekutu AS ini, Obama akan berdialog dengan Presiden Benigno Aquino dalam sebuah makan malam kenegaraan. Sebelumnya sebuah perjanjian pertahanan antara kedua negara akan ditandatangani terlebih dahulu sebelum kedatangan Obama. 


Di sepanjang jalan menuju Istana Malacanang, spanduk penyambutan Obama sudah terpasang. Tapi seperti ditulis BBC, tidak semua orang menyambut Obama. Diperkirakan bakal ada protes oleh aktivis anti-Amerika dekat Istana selagi Obama bertemu dengan Aquino. Mereka memprotes penandatanganan perjanjain pertahanan yang dianggap tidak menguntungkan Filipina. 


Dalam rangkaian kunjungan kali ini, Obama sudah menyambangi Jepang, Korea Selatan dan Malaysia. Di Malaysia, Obama menyatakan Amerika Serikat dan Malaysia segera memulai “kerjasama yang baru”. Di sana, Obama bertemu dengan Perdana Menteri Najib Razak dan berbincang soal kondisi HAM di negara tersebut. Obama tidak bertemu dengan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim meski sebelumnya sudah diminta oleh Human Rights Watch. (BBC) 


  • Obama
  • Filipina

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!