INTERNASIONAL

Venezuela Siap Pasok Minyak ke Kuba

"Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah memperbarui kerjasama strategis senilai Rp 9,7 triliun dengan Kuba. Kerjasama ini disepakati dua minggu setelah Maduro menang pemilu menggantikan Hugo Chavez."

Irvan Imamsyah

Venezuela Siap Pasok Minyak ke Kuba
venezuela, kuba, minyak, kerja sama

KBR68H - Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah memperbarui kerja sama strategis senilai Rp 9,7 triliun dengan Kuba. Kerja sama ini disepakati dua minggu setelah Maduro menang pemilu menggantikan Hugo Chavez.

Sebanyak 51 lampiran surat kerja sama ditandatangani Sabtu lalu saat Maduro berkunjung ke Kuba. Sejumlah kerja sama yang disepakati yakni; kesehatan, pendidikan, transportasi, olahraga, energi serta misi sosial khusus. Diperkirakan 40 dokter, teknisi dan konsultan asal Kuba akan bekerja di Venezuela. Sedang Venezuela akan memasok 130 ribu barrel minyak per hari ke Kuba untuk mempererat kerja samanya dengan sekutu kiri anti Amerika Serikat.

Kuba merupakan negara kedua yang dikunjungi Maduro setelah menang pemilu awal bulan lalu. Kerja sama dengan Kuba juga memicu gerakan oposisi di Venezuela. Dalam kampanye lalu, oposisi Henrique Capriles mengkritik kebijakan bagi-bagi minyak ke sejumlah negara aliansi kiri di Amerika Selatan. Capriles mendesak, agar bantuan minyak terhadap Kuba dihentikan. (AFP,CNA)

  • venezuela
  • kuba
  • minyak
  • kerja sama

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!