BERITA

Militan Gaza Lakukan Kejahatan Perang

Militan Gaza Lakukan Kejahatan Perang

Organisasi HAM terkemuka mengatakan militan Palestina melakukan kejahatan perang selama perang Gaza tahun lalu karena membunuh warga sipil Israel dan Palestina dengan menggunakan roket-roket dan mortar yang tidak terkendali.

Dalam sebuah laporan hari Kamis, Amnesty International menuduh kelompok-kelompok bersenjata Palestina termasuk Hamas terang-terangan tidak menghargai nyawa warga sipil.

Dalam sebuah pernyataan Philip Luther seorang pejabat Amnesty International di Timur Tengah  mengatakan, militan Palestina terang-terangan tidak mengindahkan hukum internasional dan dampak pelanggaran mereka pada warga sipil baik di Israel maupun di jalur Gaza.

“Kelompok-kelompok bersenjata Palestina harus menghentikan semua serangan-serangan langsung terhadap warga sipil dan serangan-serangan yang membabi-buta,” tambahnya.

Laporan itu mengatakan enam warga sipil di Israel termasuk anak laki-laki usia 4 tahun tewas dalam serangan-serangan semacam itu dan 13 warga Palestina termasuk 11 anak, tewas ketika sebuah roket Palestina mendarat di sebuah kamp pengungsi di Gaza.

Selama konflik yang berlangsung 50 hari antara Israel dan Hamas di jalur Gaza lebih dari 2200 warga Palestina dan 72 warga Israel tewas. PBB mengatakan dua pertiga dari korban Palestina adalah warga sipil.

Israel menyangkal semua tuduhan-tuduhan melakukan kejahatan perang selama perang itu dan mengatakan membela diri dari serangan-serangan roket Palestina dan Hamas menggunakan warga sipil sebagai tameng. (VOA)

Editor: Antonius Eko


  • Israel
  • Palestina

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!