INTERNASIONAL

NASA Temukan 700 Planet Baru

"Para ilmuwan dari badan antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan 715 planet baru di luar sistem tata surya, sehingga total ada 1700 planet yang belum memiliki nama. Ada empat planet yang ukurannya dua setengah kali lebih besar dari Bumi dan memiliki per"

Antonius Eko

NASA Temukan 700 Planet Baru
nasa, planet

Para ilmuwan dari badan antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan 715 planet baru di luar sistem tata surya, sehingga total ada 1700 planet yang belum memiliki nama. Ada empat planet yang ukurannya dua setengah kali lebih besar dari Bumi dan memiliki permukaan air, yang dipercaya sebagai sumber kehidupan.

Temuan itu didapat dari teleskop luar angkasa Kepler. Teleskop, yang diluncurkan pada 2009, selama empat tahun bertugas mampu mengenali ratusan planet yang ada di luar sistem tata surya.

Penambahan ini terjadi setelah para ahli mengembangkan beberapa teknik untuk menganalisa planet-planet baru. Metode itu diterapkan setelah para pakar itu menyadari bahwa sebagian besar planet, seperti yang ada di sistem tata surya, memiliki planet kembar yang orbitnya mengelilingi bintang induk yang sama.

Temuan ini menguatkan bukti bahwa beberapa planet kecil, dua atau tiga kali lebih besar dari Bumi, banyak ditemukan di galaksi ini.

Seperti di sistem tata surya, yant terdiri dari delapan planet ditambah Pluto dan beberapa ‘planet mini’, planet-planet baru ini juga memiliki keluarga. Namun tak seperti di sistem tata surya yang kita kenal, yang terbentang dari Merkurius sampai planet terluar Neptunus yang jaraknya 150 kali lebih jauh dibanding dari matahari ke Bumi, jarak planet-planet baru ini sangat dekat. Beberapa planet beredar dekat dengan bintang induk. (guardian)

• nasa
  • planet

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!