INTERNASIONAL

Alergi Obat, Wajah Gadis Ini Meleleh

Alergi Obat, Wajah Gadis Ini Meleleh

Malang benar nasib Leanne Howes. Wajah gadis berusia 17 tahun itu meleleh akibat reaksi luar biasa setelah menelan obat sakit perut. Dia meminum pil Zantac, namun Howes ternyata alergi obat. Beberapa hari kemudian kulitnya mengelupas. 


Penata rambut dari Hoveton, Norwich, Inggris itu harus dirawat di rumah sakit selama beberapa pekan. Awalnya dia hanya merasa gatal pada September 2013. Setelah itu kulitnya membengkak seukuran bola tenis. 


“Saya tak bisa bergerak dan wajah membengkak hingga tak bisa membuka mata. Semua badan terasa gatal dan kulit saya menjadi kuning,” kata Howes. 


Dia membeli obat itu dari apotek di dekat rumahnya. Setelah memakan obat itu Howes malah merasa lelah dan mual. Kulit di sekitar mulut dan leher melepuh, menyebabkan dia sulit bernafas. 


Dia langsung dibawa ke Rumah Sakit Norfolk University setelah ibunya mendapati Howes tengah merangkak di lantai kamar mandi. Dia tak bisa jalan karena kakinya melepuh. 


Saat dokter mengoleskan krim, kulit tangannya langsung mengelupas dan dalam beberapa hari dia kehilangan hampir semua kulit wajahnya. 


Dia mengalami sindrom Stevens-Johnson, sebuah kondisi yang hanya dialami dua dari sejuta orang. Sekitar 40 persen orang yang mengalami ini berujung pada kematian. (mirror) 


  • obat
  • alergi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!