INTERNASIONAL

Penyu Belimbing Raksasa Diperkirakan Punah 20 Tahun Lagi

"Ilmuwan dari Universitas Alabama di Birmingham Inggris menyatakan, penyu belimbing raksasa bisa mengalami kepunahan dalam waktu 20 tahun. Kondisi disebabkan populasinya yang terus menurun."

Rumondang Nainggolan

Penyu Belimbing Raksasa Diperkirakan Punah 20 Tahun Lagi
penyu, punah

Ilmuwan dari Universitas Alabama di Birmingham Inggris menyatakan, penyu belimbing raksasa bisa mengalami kepunahan dalam waktu 20 tahun. Kondisi disebabkan populasinya yang terus menurun.

Penyu Belimbing ini melakukan perjalanan sejauh sekitar 10 ribu km dari Pantai Barat Amerika Serikat menuju Indonesia untuk berkembang biak. Salah satu peneliti Thane Wibbels mengatakan, penyu ini telah ada sekitar 100 juta tahun dan bisa bertahan saat terjadi kepunahan dinosaurus namun spesies ini tidak bisa bertahan dari gangguan perilaku manusia.

Studi yang diterbitkan dalam sebuah jurnal ilmiah Amerika menyatakan saat ini hanya ada sekitar 500 penyu belimbing di wilayah Pasifik. Penurunan populasi terjadi sejak 1980an. (VOA)

  • penyu
  • punah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!