INTERNASIONAL

Korsel Percepat Pengembangan Rudal Jarak Jauh

"Militer Korea Selatan mempercepat program pengembangan peluru kendali jarak jauh yang bisa menjangkau Korea Utara. Sikap ini disampaikan Juru bicara Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Min-Seok sebagai respon atas ujicoba nuklir yang dilakukan Korea Utar"

Korsel Percepat Pengembangan Rudal Jarak Jauh
Korsel

KBR68H - Militer Korea Selatan mempercepat program pengembangan peluru kendali jarak jauh yang bisa menjangkau Korea Utara. Sikap ini disampaikan Juru bicara Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Min-Seok sebagai respon atas ujicoba nuklir yang dilakukan Korea Utara.

AFP memberitakan, Korea Selatan kini fokus pada percepatan program pengembangan rudal balistik jarak jauh yang bisa mencapai jarak 800 kilometer. Intelijen Korea Selatan juga menyebutkan setelah Korea Utara sukses melakukan ujicoba nuklir, negara tetangga itu juga akan melakukan ujicoba peluncuran peluru kendali balistik dalam beberapa hari atau pekan ke depan.

Pada Oktober tahun lalu Korea Selatan mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat untuk mengembangkan sistem pertahanan peluru kendali dengan menambah jarak jelajah rudal hingga tiga kali lipat. Tujuannya sebagai aksi perlawanan bagi rudal Korea Utara maupun program nuklir mereka.

Namun berdasarkan kesepakatan waktu itu Korea Selatan hanya dibatasi dengan jarak jelajah rudal sejauh 300 kilometer. Jika Korea Selatan meningkatkan kemampuan rudalnya, maka jarak jangkauan tidak hanya mencapai Korea Utara tapi juga bisa mencapai Cina dan Jepang. (AFP)


  • Korsel

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!