INTERNASIONAL

Kardinal Julius Darmaatmadja Absen di Pemilihan Paus

Kardinal Julius Darmaatmadja Absen di Pemilihan Paus

KBR68H - Utusan umat Katolik Indonesia tidak bisa mengirim wakilnya dalam pemilihan pemimpin baru Vatikan pada Maret mendatang. Jumlah peserta konklaf atau majelis para kardinal berkurang menjadi 116 orang, setelah Kardinal Julius Riyadi Darmaatmadja dari Indonesia menyatakan absen. Konklaf Kepausan merupakan majelis tempat para kardinal pemilihan Paus yang baru.

Kardinal merupakan pejabat senior dalam Gereja Katolik Roma yang berada langsung di bawah Paus. Tugas terpenting Kardinal adalah memilih paus baru untuk mengisi kekosongan keuskupan Roma.

Sebelumnya Direktur Jenderal Bimas Katolik berencana mengirim Kardinal Julius Darmaatmadja ke Vatikan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Julius terpilih sebagai pemimpin Vatikan yang baru. Ada 206 kardinal di seluruh dunia, namun berdasarkan kriteria umur, yang punya hak memilih dan dipilih menjadi paus hanya sekitar 117 orang termasuk Kardinal Julius Darmaatmadja.

Associated Press menyebutkan, Kardinal Julius absen karena mengalami gangguan kesehatan mata. Kardinal Julius menyatakan ia tidak pantas mengikuti konklaf dalam kondisi kesehatan seperti itu. Pemilihan pemimpin Vatikan yang baru belum diketahui jadwalnya. Namun diperkirakan akan digelar dua pekan setelah Paus Benediktus resmi mundur pada 28 Februari mendatang. (AP)


  • Paus Benedictus XVI
  • Mundur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!