INTERNASIONAL

54 Negara Dukung Program Kontroversi CIA

"Puluhan negara menyatakan ikut kerjasama dengan program kontroversial Badan Intelejen Amerika Serikat (CIA), yang meliputi penculikan, hukuman penjara, dan penyiksaan tahanan di negara asing."

54 Negara Dukung Program Kontroversi CIA
cia, program, penahanan

KBR68H - Puluhan negara menyatakan ikut kerjasama dengan program kontroversial Badan Intelejen Amerika Serikat (CIA), yang meliputi penculikan, hukuman penjara, dan penyiksaan tahanan di negara asing.

Dalam laporan lembaga non pemerintah (OSJI), sedikitnya 54 negara yang sebagian besar dari Eropa ikut program tersebut. Negara yang terlibat di antaranya, Swedia, Finlandia, Jerman, Spanyol, Portugal, Austria, Pakistan, Afghanistan, Mesir, Yordania, dan Kanada. Kerjasama tersebut tanpa batas waktu yang ditentukan, dan tak melibatkan pemerintah nasional dalam rencana CIA.

Program kontroversi ini diluncurkan pasca serangan teroris 09 September 2001, dan juga bertepatan dengan pencalonan John Brennan sebagai direktur CIA menggantikan David Petraeus, yang mundur karena tersandung skandal seks. Analis OSJI menyatakan Brennan bertanggung jawab untuk otoritasi pelanggaran HAM dalam fasilitas rahasia yang didukung pelbagai negara ini. (prensa latina)


  • cia
  • program
  • penahanan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!