INTERNASIONAL

Vietnam Izinkan Pernikahan Sejenis

"Hukum pernikahan yang baru di Vietnam memperbolehkan pasangan sesama jenis untuk menikah dan tinggal bersama. Sebelumnya, pernikahan sesama jenis dilarang dan pelakunya akan diberikan denda."

Harith Jobs

Vietnam Izinkan Pernikahan Sejenis
gay, vietnam

Hukum pernikahan yang baru di Vietnam memperbolehkan pasangan sesama jenis untuk menikah dan tinggal bersama. Sebelumnya, pernikahan sesama jenis dilarang dan pelakunya akan diberikan denda.


Namun, menurut Bui Minh Hong dari Departemen Ekonomi dan Undang-undang Sipil Vietnam, pernikahan tersebut tidak dicatat dalam catatan sipil Vietnam.


“Mereka boleh mengadakan pesta pernikahan dan hidup bersama, namun pernikahan tersebut tidak diakui secara hukum,” ujarnya.


Meski begitu, keputusan ini tetap disambut dengan baik. Peneliti dari National University of Singapore Jamie Gillen bahkan menyebut Vietnam menjadi pemimpin dalam memperjuangkan hak pasangan sesama jenis di Asia Tenggara.


“Vietnam mencoba membuktikan diri sebagai negara yang aman dan toleran,” ujar Jamie Gillen.


Berdasarkan data dari Institute for Studies of Society, Economy and Environment, Vietnam setidaknya memiliki 1.65 juta penduduk LGBT berusia 15 hingga 59 tahun. (Bloomberg, Vietnamnet Bridge)


  • gay
  • vietnam

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!