INTERNASIONAL

Transgender Dilarang Menyetir Mobil di Rusia

"Rusia tak mengizinkan kelompok transgeder menyetir kendaraan. Larangan ini ada dalam aturan baru yang diumumkan pemerintah setelah ditandatangani Perdana Menteri Dmitry Medvedev pada 29 Desember lalu. Aturan ini melarang para transgender mendapatkan surat"

Transgender Dilarang Menyetir Mobil di Rusia
Transgender, rusia

Rusia tak mengizinkan kelompok transgeder menyetir kendaraan. Larangan ini ada dalam aturan baru yang diumumkan pemerintah setelah ditandatangani Perdana Menteri Dmitry Medvedev pada 29 Desember lalu. Aturan ini melarang para transgender mendapatkan surat izin mengemudi (SIM). 


Dalam aturan itu juga dibuat daftar macam-macam penyakit dan kelainan yang membuat seseorang tidak bisa mengoperasikan kendaraan bermotor, termasuk kelainan identitas gender. 


Undang-undang baru itu dikecam keras oleh kelompok pengacara yang aktif memperjuangkan hak-hak sipil. Mereka menilai keputusan pemerintah Rusia ini bisa menyebabkan pelanggaran HAM serius. 


Rusia punya catatan buruk terhadap kelompok lesbian, gay, biseksual dan transeksual (LGBT). Salah satunya adalah penangkapan besar-besaran terhadap sejumlah orang yang dianggap 'menerapkan hubungan seksual non-tradisional' menjelang dilaksanakan Olimpiade musim dingin di Sochi tahun lalu. (time) 


  • Transgender
  • rusia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!