INTERNASIONAL

PM India: Saya Mundur Usai Pemilu

"KBR68H "

Doddy Rosadi

PM India: Saya Mundur Usai Pemilu
PM India, mundur, usai pemilu

KBR68H – Perdana Menteri India Manmohan Singh memastikan akan mundur dari jabatannya setelah India menggelar pemilihan umum pada Mei nanti. Singh, 81 tahun, sudah menjabat sebagai Perdana Menteri sejak Mei 2004.

“Dalam beberapa bulan lagi, setelah pemilihan umum, saya akan menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada Perdana Menteri yang baru,”kata Singh dalam konferensi pers yang digelar di New Delhi, Jumat (3/1).

Keputusan Singh untuk tidak ikut lagi dalam persaingan memperebutkan kursi Perdana Menteri pada pemilu nnati bukan hal yang mengejutkan. Partai politik Singh mengalami kekalahan telak pada pemilu regional, Desember lalu. Kekalahan itu mengindikasikan adanya ancaman politik yang dihadapi Singh pada pemilu Mei nanti.

“Tidak ada hal yang mengejutkan atas keputusan Singh itu,”kata K.G. Suresh, pengamat politik di India.

Sepanjang pemerintahannya, skandal kasus korupsi semakin memperburuk citra koalisi parpol yang mendukung Singh. Ia adalah anggota Partai Kongres Nasional India. Sebagai perdana menteri dari etnis Sikh pertama di India, Singh diambil sumpahnya pada 22 Mei 2004.

Singh pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Sentral India lalu Menteri Keuangan sebelum akhirnya diminta menjadi Perdana Menteri. Ia menjadi perdana menteri India karena para anggota Lower House of Parliament menyetujuinya. Pada saat terjadi keguncangan politik, ia ditunjuk Ketua Partai Kongres I Sonia Gandhi untuk mengisi posisi Perdana Menteri. (CNN)



  • PM India
  • mundur
  • usai pemilu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!