INTERNASIONAL

PBB: Al Qaeda Lakukan Kejahatan Perang di Suriah

"KBR68H, Washington - Kantor HAM PBB mengatakan kelompok-kelompok oposisi bersenjata di Suriah, terutama faksi ekstrim al-Qaida, melakukan sejumlah besar pembunuhan di wilayah utara negara yang bisa dikategorikan sebagai kejahatan perang."

Nurviana Mubtadi

PBB: Al Qaeda Lakukan Kejahatan Perang di Suriah
pbb, al qaeda, kejahatan perang, suriah

KBR68H, Washington - Kantor HAM PBB mengatakan kelompok-kelompok oposisi bersenjata di Suriah, terutama faksi ekstrim al-Qaida, melakukan sejumlah besar pembunuhan di wilayah utara negara yang bisa dikategorikan sebagai kejahatan perang.

KomisarisTinggi PBB untuk HAM Navi Pillay hari Kamis mengatakan laporan-laporan dalam dua pekan ini telah mendokumentasikan berbagai eksekusi missal terhadap warga sipil dan para pejuang yang tidak lagi ikut dalam bentrokan di kota-kota Aleppo, Idlib danRaqqa.

Navi Pillay mengatakan pembunuhan itu dilakukan oleh "kelompok-kelompok oposisi garis keras bersenjata di Suriah," khususnya Negara Islam Irak dan Syria yang terkait al -Qaida.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan Iran "dipastikan" menjadi bagian dari upaya mengakhiri perang saudara di Suriah, sambil Rusia mendorong keras negara-negara Barat mengundang Iran untuk ikut dalam perundingan damai pekan depan di Swiss. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • pbb
  • al qaeda
  • kejahatan perang
  • suriah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!