INTERNASIONAL

Keusukupan Chicago Ungkap Ribuan Dokumentasi Pelecehan

"Ribuan halaman dokumentasi tuduhan pelecehan seksual oleh para pendeta diungkap Keuskupan Agung Chicago. Dokumen itu diserahkan kepada pengacara korban yang selama bertahun-tahun meminta pertanggungjawaban Gereja Katolik terkait tuduhan itu."

Ronny Rahmata

Keusukupan Chicago Ungkap Ribuan Dokumentasi Pelecehan
pecelehan, pendeta, gereja

KBR68H - Ribuan halaman dokumentasi tuduhan pelecehan seksual oleh para pendeta diungkap Keuskupan Agung Chicago. Dokumen itu diserahkan kepada pengacara korban yang selama bertahun-tahun meminta pertanggungjawaban Gereja Katolik terkait tuduhan itu. 


Data Keuskupan Agung ketiga terbesar di Amerika Serikat ini akan mencakup tuduhan, informasi personel, dan informasi lain dari 30 pendeta yang diduga melakukan pelecehan seksual tersebut. 


Pengungkapan dari keuskupan-keuskupan lain di Amerika dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bagaimana gereja melindungi para pendetanya dan tak melaporkan dugaan pelecehan seksual terhadap anak-anak tersebut kepada pihak berwenang. 


Rencananya, pekan depan pengacara korban akan membuat publikasi dokumen dengan rincian tuduhan kejahatan dan posisi penugasan para pendeta yang memungkinkan berlanjutnya pelecehan itu. (AP)


Editor: Antonius Eko 


  • pecelehan
  • pendeta
  • gereja

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!