INTERNASIONAL

Kelompok Muslim-Kristen Bentrok di Mesir

"Bentrokan terjadi antar demonstran dari kelompok Muslim dengan massa dari Kristen di Provinsi Qena, di selatan Mesir. Polisi melemparkan gas airmata untuk membubarkan demonstran Muslim. Bentrokan terjadi di luar sebuah gereja. Para demonstran menuntut pen"

Kelompok Muslim-Kristen Bentrok di Mesir
Mesir

KBR68H - Bentrokan terjadi antar demonstran dari kelompok Muslim dengan massa dari Kristen di Provinsi Qena, di selatan Mesir. Polisi melemparkan gas airmata untuk membubarkan demonstran Muslim. Bentrokan terjadi di luar sebuah gereja. Para demonstran menuntut penyelidikan atas kasus tuduhan seorang Kristen melecehkan bocah perempuan.

Demonstran merusak sejumlah pertokoan milik warga Kristen Koptik. Demonstrasi itu dipicu tuduhan dari seorang warga bahwa pemilik toko itu melecehkan seorang bocah perempuan. Demonstran melempari gereja dengan batu usai shalat Jumat. Daerah ini merupakan salah satu daerah paling miskin di Mesir.

Pertikaian antara Muslim dan Kristen di Mesir meningkat dalam dua tahun terakhir. Tergulingnya Hosni Mubarak mmicu kekhawatiran bangkitnya kelompok Muslim konservatif kiri dan kelompok radikal. Kristen Koptik di Mesir kerap mengeluhkan menjadi korban diskriminasi oleh negara. Jumlah warga Kristen Koptik di Mesir mencapai 10 persen dari total 85 juta warga Mesir. (AP)


  • Mesir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!